LAPORAN
HASIL MONITORING PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL
SEKOLAH
MENENGAH ATAS LUAR BIASA DAN SMA – INKLUSI
TAHUN
PELAJARAN 2014 – 2015
Sebagai
acuan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan, maka dibutuhkan penilaian
berbagai indikator kinerja. Ujian Nasional
adalah salah satu indikator dari 8 Standar Nasional Pendidikan.
Berdasarkan
Peraturan BSNP No. 0031/P/BSNP/III/2015 tentang Prosedur Operasional Standar
Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015, disampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan UN adalah untuk menilai
pencapaian standar kompetensi lulusan pada
mata pelajaran tertentu secara nasional.
Sedangkan hasil ujian nasional digunakan sebagai salah satu pertimbangan
untuk : pemetaan mutu program
dan/atau satuan pendidikan, dasar
seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, serta pembinaan dan pemberian bantuan kepada
satuan pendidikan dalam upayanya untuk meningkatkan mutu pendidikan;
Berdasarkan
surat tugas Kepala Dinas Pendidikan No. 990/073.21 tanggal 10 April 2015,
pengawas PLB ditugaskan untuk melakukan Pemantauan Pelaksanaan Ujian Nasional
(UN) SMALB dan SMA/SMK/PKBM Penyelenggara Pendidikan Inklusi tahun pelajaran
2014/2015. Berikut ini dipaparkan hasil
Pemantauan Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMALB dan SMA/SMK/PKBM - Inklusi.
1. Waktu
pelaksanaan untuk satuan pendidikan :
a. SMALB dilaksanakan Senin s.d. Rabu,
13 – 15 April 2015
b. SMA –
Inklusi dilaksanakan Senin s.d.
Rabu, 13 – 15 April 2015
c. SMK –
Inklusi dilaksanakan Senin s.d.
Kamis 13 – 16 April 2015
d. PKBM –
Inklusi dilaksanakan Senin s.d.
Kamis 13 – 16 April 2015
2. Jadual mata
pelajaran untuk satuan pendidikan :
a. SMALB
NO
|
HARI/TANGGAL
|
MATA PELAJARAN
|
1
|
Senin, 13 April 2015
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
Selasa, 14 April 2015
|
Matematika
|
3
|
Rabu, 15 April 2015
|
Bahasa Inggris
|
b. SMA –
Inklusi Program IPS
NO
|
HARI/TANGGAL
|
MATA PELAJARAN
|
1
|
Senin, 13 April 2015
|
Bahasa Indonesia
Geografi
|
2
|
Selasa, 14 April 2015
|
Matematika
Sosiologi
|
3
|
Rabu, 15 April 2015
|
Bahasa Inggris
Ekonomi
|
c. SMK –
Inklusi jurusan Perhotelan
NO
|
HARI/TANGGAL
|
MATA PELAJARAN
|
1
|
Senin, 13 April 2015
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
Selasa, 14 April 2015
|
Matematika
|
3
|
Rabu, 15 April 2015
|
Bahasa Inggris
|
4
|
Kamis, 16 April 2015
|
Ujian teori kejuruan
|
d. PKBM Program
IPS
NO
|
HARI/TANGGAL
|
MATA PELAJARAN
|
1
|
Senin, 13 April 2015
|
Bahasa Indonesia
Geografi
|
2
|
Selasa, 14 April 2015
|
Matematika
Sosiologi
|
3
|
Rabu, 15 April 2015
|
Bahasa Inggris
Ekonomi
|
4
|
Kamis, 16 April 2015
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
3. Laporan
hasil pelaksanaan UN :
a. Selama
pelaksanaan UN berlangsung di rayon 08 SMA Negeri 112, tidak terjadi
masalah. Seluruh peserta UN hadir dan
mengerjakan seluruh soal yang diberikan sesuai dengan paket yang diberikan.
b. Bagi peserta
UN tunanetra telah disiapkan naskah dengan menggunakan huruf Braille
c. Sedangkan
bagi peserta UN tunarungu telah disiapkan Listening
Script pada naskah mata pelajaran Bahasa Inggris – Listening session
4. Terdapat
sedikit kendala pada saat pelaksanaan UN di hari ketiga yaitu :
a. SMA Regina
Pacis yang tidak melaporkan peserta didik tunarungu tidak memperoleh paket
naskah dengan Listening Script. Solusi mengatasi permasalahan tersebut, SMA
Regina Pacis menggunakan naskah SMA Negeri 112 (naskah untuk peserta didik
tunarungu di SMA 112 berjumlah 5 naskah.
1 naskah diberikan untuk SMA Regina Pacis). Pembukaan naskah dan penyerahannya dilakukan
dengan saksi dari ; LPMP, UI, Kepolisian, Ketua Rayon dan Pengawas PLB. Pengawalan dilakukan oleh kepolisian dari SMA
112 ke SMA Regina Pacis.
b. Naskah
braille untuk tunanetra tidak dilengkapi dengan CD Listening Session. Ketika menggunakan naskah kelas lain, jawaban
tidak sama dengan narasi pada CD. Solusi
mengatasinya : peserta didik menggunakan CD Listening dari kelas lain dan
selanjutnya hasil UN tunanetra diberi tanda khusus oleh petugas UI untuk
dibedakan pemindaiannya nanti.
c. Bagi siswa
kesulitan belajar yang memiliki kemampuan kognitif di bawah rata-rata
menggunakan naskah soal yang sama dengan peserta didik lainnya. Seharusnya mereka diberikan soal yang berbeda
dengan peserta UN lainnya
5. Data sekolah
dan peserta didik yang mengikuti UN pada SMALB dan SMA/SMK/PKBM – Inklusi Sudin
Pendidikan Wilayah II seperti tertera di bawah ini
DATA PESERTA UJIAN NASIONAL
- PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN
KHUSUS
SUKU DINAS PENDIDIKAN WILAYAH II KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT
NO
|
SATUAN PENDIDIKAN
|
NAMA SEKOLAH
|
PESERTA DIDIK
|
KET
|
|||
JENIS KETUNAAN
|
L
|
P
|
JUMLAH
|
||||
1
|
SMALB
|
SLB Negeri
6 Jakarta – Kembangan
|
Tunarungu
( B)
|
2
|
1
|
3
|
Menggunakan
Listening Script pada materi Listening
Session
|
SLB B
Pangudi Luhur - Kembangan
|
Tunarungu
( B )
|
12
|
11
|
23
|
|||
JUMLAH TOTAL
|
14
|
12
|
26
|
||||
2
|
SMA/SMK
Penyelenggara Pendidikan Inklusi
|
SMA Negeri
112
|
Tunanetra
( A )
|
1
|
1
|
Menggunakan
naskah Braille
|
|
Tunarungu
( B )
|
1
|
1
|
Menggunakan
Listening Script pada materi
Listening Session
|
||||
Kesulitan Belajar
( H )
|
2
|
1
|
3
|
Soal sama
dengan siswa reguler
|
|||
SMAK
Penabur 4
|
Tunarungu
( B )
|
1
|
1
|
||||
SMAK
Providentia
|
Tunarungu
( B )
|
1
|
1
|
||||
SMAK
Regina Pacis
|
Tunarungu
( B )
|
1
|
1
|
||||
SMK Negeri
60
|
Tunarungu
( B )
|
1
|
1
|
||||
SMK Patmos
|
Kesulitan Belajar
( H )
|
5
|
1
|
6
|
|||
JUMLAH TOTAL
|
12
|
3
|
15
|
||||
3
|
PKBM
|
PKBM 30
|
Kesulitan Belajar
( H )
|
1
|
1
|
Program
IPS
|
|
JUMLAH TOTAL
|
1
|
1
|
|||||
JUMLAH KESELURUHAN
|
27
|
15
|
42
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar