Senin, 20 April 2015

Laporan Monitoring UN 2015

LAPORAN HASIL MONITORING PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA DAN SMA – INKLUSI
TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015

Sebagai acuan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan, maka dibutuhkan penilaian berbagai indikator kinerja.  Ujian Nasional adalah salah satu indikator dari 8 Standar Nasional Pendidikan.

Berdasarkan Peraturan BSNP No. 0031/P/BSNP/III/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015, disampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan UN adalah untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional.  Sedangkan hasil ujian nasional digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk : pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan, dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, serta pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upayanya untuk meningkatkan mutu pendidikan;

Berdasarkan surat tugas Kepala Dinas Pendidikan No. 990/073.21 tanggal 10 April 2015, pengawas PLB ditugaskan untuk melakukan Pemantauan Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMALB dan SMA/SMK/PKBM Penyelenggara Pendidikan Inklusi tahun pelajaran 2014/2015.  Berikut ini dipaparkan hasil Pemantauan Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMALB dan SMA/SMK/PKBM - Inklusi.

1.      Waktu pelaksanaan untuk satuan pendidikan :
a.      SMALB                         dilaksanakan Senin s.d. Rabu, 13 – 15 April 2015
b.      SMA – Inklusi            dilaksanakan Senin s.d. Rabu, 13 – 15 April 2015
c.      SMK – Inklusi            dilaksanakan Senin s.d. Kamis 13 – 16 April 2015
d.      PKBM – Inklusi         dilaksanakan Senin s.d. Kamis 13 – 16 April 2015

2.      Jadual mata pelajaran untuk satuan pendidikan :
a.      SMALB

NO
HARI/TANGGAL
MATA PELAJARAN
1
Senin, 13 April 2015
Bahasa Indonesia
2
Selasa, 14 April 2015
Matematika
3
Rabu, 15 April 2015
Bahasa Inggris

b.      SMA – Inklusi Program IPS

NO
HARI/TANGGAL
MATA PELAJARAN
1
Senin, 13 April 2015
Bahasa Indonesia
Geografi
2
Selasa, 14 April 2015
Matematika
Sosiologi
3
Rabu, 15 April 2015
Bahasa Inggris
Ekonomi

c.      SMK – Inklusi jurusan Perhotelan

NO
HARI/TANGGAL
MATA PELAJARAN
1
Senin, 13 April 2015
Bahasa Indonesia
2
Selasa, 14 April 2015
Matematika
3
Rabu, 15 April 2015
Bahasa Inggris
4
Kamis, 16 April 2015
Ujian teori kejuruan


d.      PKBM Program IPS

NO
HARI/TANGGAL
MATA PELAJARAN
1
Senin, 13 April 2015
Bahasa Indonesia
Geografi
2
Selasa, 14 April 2015
Matematika
Sosiologi
3
Rabu, 15 April 2015
Bahasa Inggris
Ekonomi
4
Kamis, 16 April 2015
Pendidikan Kewarganegaraan

3.      Laporan hasil pelaksanaan UN :
a.      Selama pelaksanaan UN berlangsung di rayon 08 SMA Negeri 112, tidak terjadi masalah.  Seluruh peserta UN hadir dan mengerjakan seluruh soal yang diberikan sesuai dengan paket yang diberikan.
b.      Bagi peserta UN tunanetra telah disiapkan naskah dengan menggunakan huruf Braille
c.      Sedangkan bagi peserta UN tunarungu telah disiapkan Listening Script pada naskah mata pelajaran Bahasa Inggris – Listening session

4.      Terdapat sedikit kendala pada saat pelaksanaan UN di hari ketiga yaitu :
a.      SMA Regina Pacis yang tidak melaporkan peserta didik tunarungu tidak memperoleh paket naskah dengan Listening Script.  Solusi mengatasi permasalahan tersebut, SMA Regina Pacis menggunakan naskah SMA Negeri 112 (naskah untuk peserta didik tunarungu di SMA 112 berjumlah 5 naskah.  1 naskah diberikan untuk SMA Regina Pacis).  Pembukaan naskah dan penyerahannya dilakukan dengan saksi dari ; LPMP, UI, Kepolisian, Ketua Rayon dan Pengawas PLB.  Pengawalan dilakukan oleh kepolisian dari SMA 112 ke SMA Regina Pacis.
b.      Naskah braille untuk tunanetra tidak dilengkapi dengan CD Listening Session.  Ketika menggunakan naskah kelas lain, jawaban tidak sama dengan narasi pada CD.  Solusi mengatasinya : peserta didik menggunakan CD Listening dari kelas lain dan selanjutnya hasil UN tunanetra diberi tanda khusus oleh petugas UI untuk dibedakan pemindaiannya nanti.
c.      Bagi siswa kesulitan belajar yang memiliki kemampuan kognitif di bawah rata-rata menggunakan naskah soal yang sama dengan peserta didik lainnya.  Seharusnya mereka diberikan soal yang berbeda dengan peserta UN lainnya

5.      Data sekolah dan peserta didik yang mengikuti UN pada SMALB dan SMA/SMK/PKBM – Inklusi Sudin Pendidikan Wilayah II seperti tertera di bawah ini

 DATA PESERTA UJIAN NASIONAL  -  PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS
SUKU DINAS PENDIDIKAN WILAYAH II KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT

NO
SATUAN PENDIDIKAN
NAMA SEKOLAH
PESERTA DIDIK
KET
JENIS KETUNAAN
L
P
JUMLAH
1
SMALB
SLB Negeri 6 Jakarta – Kembangan
Tunarungu
( B)
2
1
3
Menggunakan Listening Script pada materi Listening Session
SLB B Pangudi Luhur - Kembangan
Tunarungu
( B )
12
11
23

JUMLAH TOTAL
14
12
26

2
SMA/SMK Penyelenggara Pendidikan Inklusi
SMA Negeri 112
Tunanetra
( A )

1
1
Menggunakan naskah Braille
Tunarungu
( B )
1

1
Menggunakan Listening Script pada materi Listening Session
Kesulitan Belajar
( H )
2
1
3
Soal sama dengan siswa reguler
SMAK Penabur 4
Tunarungu
( B )
1

1

SMAK Providentia
Tunarungu
( B )
1

1

SMAK Regina Pacis
Tunarungu
( B )
1

1

SMK Negeri 60
Tunarungu
( B )
1

1

SMK Patmos
Kesulitan Belajar
( H )
5
1
6

JUMLAH TOTAL
12
3
15

3
PKBM
PKBM 30
Kesulitan Belajar
( H )
1

1
Program IPS
JUMLAH TOTAL
1

1

JUMLAH KESELURUHAN
27
15
42






Tidak ada komentar:

Posting Komentar